7 Des 2011

File PDF (Portable Document File) bukan sesuatu yang asing lagi bagi kita, tentang bagaimana cara membuatnya-pun bukan sesuatu yang sulit lagi karena dari bisa dibuat dari beberapa aplikasi baik aplikasi text editor maupun aplikasi graphics design atau dari Program PDF Creator yang memang secara khusus dibuat untuk mengelola file PDF. Dalam posting sebelumnya Kepala Adat ThandonCamp.... ow ow ow ntar dulu.. Kepala Suku kaleee... belum apa-apa sudah bercanda, serius donk... hehehe... Ok, maksudnya, dalam posting sebelumnya telah dibahas juga tentang Cara Mudah Membuat File PDF dengan Microsoft Office Word 2010 dan dalam posting ini saya akan sharingkan sedikit kepada teman-teman pengunjung tentang Convert PDF To Word/Excel, Word/Excel To PDF dan Proteksi File PDF. Ya, mengubah file PDF menjadi file Word (.doc) juga sebaliknya dan memberikan proteksi pada file PDF misalnya agar isi dokumen tidak bisa di-copy, di-print, bahkan di-convert atau diubah ke format lainnya. Ok, mari kita bedah satu per satu....


Convert PDF to Word/Excel, Word/Excel to PDF & Proteksi File PDF
Untuk dapat melakukan hal tersebut di atas diperlukan Software PDF Converter, dalam share kita kali ini kita akan  gunakan cara yang mudah yaitu dengan menggunakan Software NitroPDF Professional 6.0.1.8. Di akhir posting ini tersedia link download NitroPDF Professional 6.0.1.8.

Next, Install NitroPDF Professional ke komputar Anda, secara otomatis terintegrasi pada sistem Windows sebagai PDF Creator/Converter yang kompatibel untuk beberapa jenis file dokumen dan beberapa aplikasi editor melalui menu Print, juga menjadi fitur tambahan pada Microsoft Office Word dan Excel.


Convert PDF To Word/Excel
Buka Program Nitro PDF Professional, klik Open pada toolbar Nitro atau dengan menggunakan kombinasi shortcut key Control+O, kemudian pilih file PDF yang akan di-convert, atau bisa juga dengan klik ganda langsung pada file yang akan di-convert.
Setelah file PDF terbuka, arahkan kursor pada submenu Create and Convert kemudian klik menu to Word (jika ingin mengubahnya ke Word) atau to Excel (jika ingin mengubahnya ke Excel).

Pada window Convert PDF to Word beri centang pada check box Open files after conversion kemudian klik Convert.
Tunggu sampai proses converting selesai, dan lihatlah hasilnya pada Microsoft Office Word yang secara otomatis membuka flie yang di-convert menjadi word tadi setelah proses converting selesai.

Cara lain bisa dilakukan dengan klik kanan pada file PDF yang akan di-convert to word, kemudian klik Convert PDF to Microsoft Word...
Proses dan hasilnya kurang lebih sama seperti di atas.
Catatan : File PDF bisa di-convert jika file PDF tersebut tidak diproteksi.

Word/Excel to PDF
Membuat file Word maupun Excel menjadi PDF, selain dengan cara langsung dari Aplikasi Word maupun Excel, dengan dukungan Nitro PDF cara cepat bisa dilakukan yaitu dengan cara klik kanan pada file Word/Excel kemudian klik Convert to PDF dan Nitro akan langsung bekerja mengubah file menjadi PDF. Cara itu bisa juga untuk mengubah file lainnya seperti file JPG, PNG, TXT, HTML, dll yang bisa diubah langsung menjadi PDF dengan cara seperti tadi.


Proteksi File PDF
Memberikan proteksi atau perlindungan terhadap keutuhan dokumen PDF baik dari isi maupun format penyusunannya. Misalnya agar tidak bisa copy-paste, dicetak (print), diubah ekstensinya agar bisa diubah kembali isi dan formatnya (di-convert). Saya akan memberikan gambaran untuk membuat proteksi file PDF melalui Microsoft Office Word 2010. Ok langsung menuju TKP, Buka Microsoft Office Word 2010 dan buatlah dokumen sederhana anggap saja sebagai bahan percobaan. Kemudian arahkan kursor menuju Tab Menu Nitro PDF, klik Convert seperti ditunjukkan pada gambar di bawah....
Kemudian muncul kotak dialog Create Secure PDF, beri check pada check box Use owner password to restrict printing, editing and extraction, buatlah sebuah password dan masukkan kembali password, untuk sementara pilihan lainnya biarkan kosong, kemudian klik Create..
Kemudian keluar Window Save As, boleh langsung klik Save atau memberi nama file baru lalu Save. Nitro PDF akan memproses file PDF sesuai dengan pengaturan yang telah dibuat, jika sudah selesai Anda bisa langsung melihat hasilnya seperti gambar di bawah, terliha menu Save dan Print tidak aktif, artinya dokumen tidak bisa dicetak, diedit, di-copy-paste atau diubah ekstensinya ke format lainnya, kecuali dibuka dulu proteksinya dengan menggunakan password owner yang telah dibuat sebelumnya.
Untuk pengaturan lainnya bisa disesuaikan pada menu dan opsi setting yang tersedia pada Nitro PDF yang terintegrasi pada Microsoft Office Word.

Demikian tutorial sederhana yang dapat saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih... halah halah halah.... kayak lagi pidato ajaa... hehehe

Buat teman-teman yang mau download NitroPDF Professional 6.0.1.8, silahkan download melalui link di bawah, anggap saja sebagai oleh-oleh atas kunjungan Anda ke blog ini, sekalipun Anda ke sini nggak mbawa apa-apa, hehehe... ;)

Semoga Bermanfaat...


Link Download NitroPDF Professional 6.0.1.8

3 komentar:

  1. bang, gimana caranya munculin menu toolbar pada nitro pro???

    BalasHapus
  2. convert excel jadi mudah
    thanks ya sob!

    BalasHapus
  3. link downloadnye dah tidak bisa digunakan min.. help me yaak hehehe

    BalasHapus

Follow Me

Subscribeto this blog
Follow me onTwitter
Connect onFacebook

Diberdayakan oleh Blogger.

Postingan Populer

Followers

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

LAZADA ONLINE

Banner iskaruji dot com