11 Nov 2011

Beberapa waktu lalu saya pernah menuliskan artikel sejenis ini. Memasang Logo (Icon) Blog, logo (icon) blog akan tampil di address bar pada browser. Tentu saja, agar blog kelihatan keren seperti blognya blogger-blogger senior. Dulu, untuk menampilkan logo kita pada addres bar browser proses pembuatannya agak sedikit rumit, karena harus memasukkan script ke dalam template blog dan mengupload logo pada server yang waktu itu masih terpisah dari Blogger. Sekalipun kita bisa melakukannya dengan cara copas dari blog tetangga kita yang memposting artikel tentang Memasang Logo Blog yang biasanya disitu disertakan scriptnya untuk kemudian kita copy dan paste pada template blog kita, tetapi untuk para pemula biasanya masih juga mengalami kesulitan terutama pada pengeditan HTML pada templatenya.

Sekarang mari kita gunakan cara yang mudah saja, karena Blogger sepertinya memahami kebutuhan/keinginan penggunanya dan menyediakan fasilitas untuk pemasangan logo/icon blog.

Ok, mari kita mulai saja..
Siapkan di drive komputer Anda logo/icon (berbentuk bujur sangkar dan berukuran kurang dari 100kb) yang akan Anda pasang di blog Anda.
Login ke Blogger, kemudian untuk pengguna blog bahasa Indonesia; Buka tab menu Rancangan seperti pada gambar di bawah yang ditandai dengan lingkaran merah.



Setelah itu Anda diantar pada halaman Blogger :: Edit Tata Letak, tepatnya pada Tab Elemen Laman.
Pada Elemen halaman ini terlihat gadget Favicon, pada gadget tersebut Klik Edit


Kemudian muncul Jendela Pop-Up, Klik Browse >> cari file logo/icon yang sudah Anda siapkan pada drive komputer Anda, kemudian Simpan. Jika proses uploading selesai, Jendela Pop-Up akan menutup secara otomatis dan proses pemasangan blog sudah selesai. Klik Lihat Blog atau buka tab baru dan masukkan alamat blog Anda untuk melihat perubahan yang terjadi pada blog Anda.
*Tips : Jika logo/icon blog belum tampil pada address bar, close browser dan buka kembali browser, masukkan alamat blog Anda.

Sampai disini, mudah-mudahan bermanfaat.

Salam..

4 komentar:

  1. boleh juga nie, q kemarin ru buat blog tp di wordpress, dimana masang logonya gan?

    BalasHapus
  2. Yang ane tahu blog WP yg free ga bisa ganti logo blog di adress bar, di WP ga disediakan menu edit htmlnya jd ga bisa ganti ntu logo, menu visual untuk edit favicon (file logo) jg ga disediakan. Kecuali pake CMS upload via FTP ke server webhosting, tinggal dicari aja ntu favicon.jpg-nya terus diganti dgn yg baru. Ga tahu klo menurut Master Tarno, mungkin punya trik jitu utk WP Blog. gitu brow..

    BalasHapus
  3. mo tanya gambar yg kurang dari 100kb itu bisa di dapet di mana ?

    BalasHapus
  4. Itu idealnya didesain sendiri brad, bisa pake CorelDraw atau Abobe Photoshop, atau program Graphics Design lainnya. Ukurannya bisa disesuaikan, klo masih lbh dari 100 kb bisa rezise atau compress picture

    BalasHapus

Follow Me

Subscribeto this blog
Follow me onTwitter
Connect onFacebook

Diberdayakan oleh Blogger.

Postingan Populer

Followers

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

LAZADA ONLINE

Banner iskaruji dot com