28 Nov 2011


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَ كَاتُهُ

Bagaimana cara mengetik huruf Arab di komputer? Bagaimana cara mengetik huruf Arab di Microsoft Word? Bagaimana chatting di facebook atau YM dengan tulisan (huruf) Arab? Pertanyaan seperti itu sesekali muncul dari beberapa teman, singkat jawabannya yaitu install Arabic Language Pack dan Keyboard Layout (Fontboard Arabic Keyboard). Tentang bagaimana caranya, mari kita bedah bersama.

Seperti jawaban di atas bahwa untuk dapat menulis/mengetik huruf Arab pada komputer, Microsoft Office Word, chatting di facebook atau YM, atau di beberapa aplikasi teks editor pada komputer berbasis Windows salah satunya adalah dengan menginstall Arabic Language Pack dan Keyboard Layout (Fontboard Arabic Keyboard).  Dalam posting ini saya share penerapannya untuk OS Windows 7. 
Berikut langkah-langkahnya :
Tahap pertama, Install Arabic Language Pack (melalui Install Windows Update)
Siapkan secangkir kopi dan ube-rampenya jika ada, hehehe perlu sesaji juga yaa ...
Klik Start >> buka Control Panel >> arahkan kursor pada Clock, Language and Region, kemudian klik Change keyboard or other input methods. Sebagai ilustrasi lihat gambar ... (untuk tampilan lebih besar dan jelas silahkan klik gambar)
Kemudian muncul jendela Pop-up Region and Language, klik pada tombol Install/uninstall language, pada window install or uninstall display language klik Install Display Language >> Launch Windows Update.
Kemudian pada jendela Windows Update pilih Optional Windows updates are available >> pilih (beri check pada check box) Arabic Language Pack >> klik OK, kemudian kembali ke jendela Windows Update lalu Install Update.
Jika proses installing update selesai, Windows meminta Anda untuk me-restart komputer, Ok Klik Restart Now. Sementara komputer sedang restart, silahkan dinikmati dulu kopi dan ube-rampenya.. ;).

Ok Next... Berikutnya, masuk ke Tahap Kedua, Install Keyboard Layout (Fontboard Arabic Keyboard). 
Lho mana fontboard installernya? Santai saja.. ada beberapa tahap yang harus dilalui, jika belum punya aplikasi fontboard bisa download melalui link download yang tersedia di akhir posting ini, kemudian buka file zip yang sudah didownload tadi dan boleh langsung install. Ikuti instruksi pada wizard, jika sudah selesai restart lagi komputernya. 

Ok Next lagi baca kembali dan nikmati lagi kopi serta ube-rampenya.. Kita sampai pada tahap pengaturan keyboar layout. Klik Start >> buka Control Panel >> arahkan kursor pada Clock, Language and Region, klik Change keyboard or other input methods, kemudian klik tombol Change keyboards...
Dilanjutkan, pada jendela Text Services and Input Language klik tombol Add, kemudian pada jendela Add Input Language pilih Arabic (Saudi Arabia) >> keyboard >> pilih Arabic ASDF Eastern, kemudian klik OK. Kembali ke jendela Text Services and Input Language
Klik Tab Language Bar untuk memastikan Language Bar tampil pada menu taskbar. Klik tombol Apply untuk menerapkan pengaturan tadi dan klik OK untuk mengakhiri pengaturan sekaligus menutup jendela Text Services and Input Language.

Sekarang kita sampai bagaimana cara mengunakannya?
Arahkan kursor ke Menu Language Bar di Taskbar kemudian pilih AR Arabic (Saudi Arabia) seperti pada gambar berikut :
Dan sekarang silahkan dicoba, Buka Aplikasi Text Editor misalnya Micosoft Word, atau langsung dicoba chatting di facebook, dan lihat hasilnya. Di Microsoft Word Insya Allah hasilnya seperti ini :

Mengenai posisi huruf Arabic pada keyboard, silahkan buka Aplikasi Fonboard Arabic Keyboard, klik iconnya yang bergambar Tut Keyboard dengan simbol huruf "Lam". 

Yess... sekarang ane bisa menulis/mengetik huruf Arab pada komputer, Microsoft Office Word, chating di facebook juga YM. Dan bisa juga nerima job ketikan buat undangan walimahan, kan undangannya jadi tambah bagus kalau ada bahasa Arabnya dan ditulis dengan huruf Arab pula.. hehehe...

Demikian panduan Install Arabic Language Pack dan Keyboard Layout (Fontboard Arabic Keyboard) untuk Windows 7, untuk Windows XP Insya Allah akan share pada posting berikutnya.

Sampai disini dulu, semoga bermanfaat..

وَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَ كَاتُهُ



0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me

Subscribeto this blog
Follow me onTwitter
Connect onFacebook

Diberdayakan oleh Blogger.

Postingan Populer

Followers

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

LAZADA ONLINE

Banner iskaruji dot com