9 Nov 2011

Salah satu tool pada Windows XP yang cukup memudahkan bagi para penggunanya adalah Windows Search, pengguna dapat melakukan pencarian data secara otomatis pada komputer tanpa perlu repot-repot untuk membuka antar folder tempat dimana menyimpan file yang akan dibuka kembali.

Tool ini biasanya disertakan secara otomatis pada saat penginstalan Windows XP. Dalam Install standar Windows XP tool pencarian biasanya masih dengan gaya lama, yaitu sebuah mesin pencari data yang disitu digambarkan dengan seekor anak anjing yang seolah-olah setia mencarikan data untuk majikannya, terkadang ngeledek majikannya ketika data tidak ditemukan. Entah kenapa data tidak bisa ditemukan, padahal jika dicari secara manual data tersebut bisa ditemukan, tetapi tentu saja itu bukan cara kerja cerdas, apalagi jika data dalam komputer sudah cukup banyak data, ditambah lagi jika pengguna lupa nama file atau folder tempat dulu menyimpan file anu yang sedang dicari karena data sudah cukup lama dibuat, tentu saja ini akan menjadi pekerjaan yang melelahkan. Dasar anjing, masih anak-anak pula, ga bisa cari data.. hiehehe, guyon..

Jika Anda menginginkan pencarian data lebih cepat dan akurat berkali-kali lipat, pertama kali yang harus Anda lakukan adalah melupakan anak anjing itu, hiehehe.... dan Windows Search 4.0 mungkin itu yang Anda butuhkan. Tool ini mampu bekerja cepat seperti Mesin Pencari pada internet misalnya pada Google Search Engine dengan penggunaan koneksi berkecepatan tinggi. Kabar baiknya software ini disediakan secara gratis oleh Microsoft. Anda dapat mendownloadnya dari situs resminya http://www.microsoft.com, atau klik saja langsung DISINI. Setelah download selesai, Anda boleh langsung menginstallnya pada komputer. Jika Program Windows Search 4.0 sudah terinstall, silahkan review.... pada Windows Explorer (Klik tombol Search) maka akan terlihat seperti pada gambar berikut :


Pada Menu Taskbar akan terlihat seperti pada gambar berikut :
Pada awalnya tidak semua file ter-indeks pada Windows Search karena pada awal install Windows Search hanya mengindeks data pada direktori sistem yaitu Local Disk C atau direktori dimana file Windows terinstall. Namun demikian, Anda dapat memodifikasi pengaturan agar seluruh data/file pada komputer bisa terbaca pada Windows Search.
Ikuti langkah-langkah sederhana berikut :
Klik kanan ikon Windows Search pada Menu Taskbar kemudian pilih Windows Search Options 


Setelah itu akan muncul dialog box Indexing Options seperti ini :

Klik tombol modify >> Pilih direktori file yang akan kita masukkan dalam index Windows Search, beri check pada direktori terpilih >> Klik OK.
Klik tombol edvanced >> Pilih Add UNC Location (untuk mengindex data dari komputer lain [network], misalnya dari komputer server atau client, atau komputer tetangga) >> masukkan alamat / IP Address pada folder yang di-share, gunakan \\ dan \ (Contoh :  \\server\share  atau \\user-pc\share atau \\komputer-tetangga\share ) >> Klik Add (Anda juga bisa menambahkan index data dari beberapa komputer network lainnya dengan melakukan cara yang sama) >> Klik OK.
Catatan : Pastikan komputer Anda terhubung dengan komputer network tersebut.

Kemudian tutup dialog box Indexing Options dengan meng-klik tombol close.

Selanjutnya Anda dapat mulai mencoba melakukan pencarian data pada Windows Search pada Menu Taskbar Windows Search. Masukkan keyword atau nama file pada kotak pencarian, Misal; ketik : Merah (tidak perlu menekan tombol enter), maka Windows Search akan memberikan informasi dengan cepat beberapa dokumen terkait dengan kata Merah.

Jika file/data yang Anda cari muncul, Anda bisa langsung klik untuk membukanya.
Dan untuk pencarian data dari internet, ketikkan keyword pada kotak pencarian lalu klik tombol Search Web.

Untuk penjelajahan fitur lebih lengkap Anda bisa membuka Menu Help

atau kunjungi : http://support.microsoft.com/kb/940157

Sampai disini dulu, mudah-mudahan bermanfaat..


Salam..

2 komentar:

Follow Me

Subscribeto this blog
Follow me onTwitter
Connect onFacebook

Diberdayakan oleh Blogger.

Postingan Populer

Followers

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

LAZADA ONLINE

Banner iskaruji dot com