12 Nov 2011


Pada install standar Microsoft Office 2010 hampir sama seperti versi sebelumnya yaitu Versi 2007, diantaranya pada lembar kerja Microsoft Office Word. Pada lembar kerja Ms. Office Word baik Versi 2010 maupun Versi 2007, disana terlihat lembar kerja yang masih polos, text boundaries, ruler, dsb belum ditampilkan pada lembar kerja. Bagi sebagian pengguna terkadang hal ini menjadi kesulitan tersendiri dalam proses pembuatan suatu dokumen, misalnya dalam mengatur margin, pembuatan tabel, mengatur paragraf, dsb. Hal ini disebabkan beberapa tool yang dibutuhkan belum tampil pada lembar kerja.

Tentu bukanlah sebuah kekurangan pada program baru, melainkan beberapa pengaturan masih perlu disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Kita tentu sepakat bahwa program baru adalah bentuk pemutakhiran dari program-program sebelumnya.


Dalam penulisan ini saya ingin berbagi tentang bagaimana mengatur lembar kerja Microsoft Office Word 2010 agar lebih mudah dalam pengoperasian dan tentu saja memudahkan dalam proses pembuatan suatu dokumen. Bagi Anda yang merasa belum familiar dengan Ms. Office Word 2010 atau jika Anda adalah pengguna baru, tutorial ini mungkin berguna.

Ok, jika dalam komputer atau leptop Anda sudah terinstall Program Microsoft Office 2010 bisa langsung klik ganda icon Microsoft Word 2010 pada desktop (jika sudah ditampilkan di desktop) atau Klik Start >> All Program >> Microsoft Office 2010 >> Klik Microsoft Office 2010.

Gambar di bawah ini adalah tampilan standar lembar kerja pada Ms. Office Word 2010.


Untuk menampilkan text boundaries yang berupa garis putus-putus pada lembar kerja yang berfungsi sebagai garis pembatas area kerja yang menyesuaikan pengaturan margin, juga untuk menampilkan gridlines pada tabel no border.
Klik Tab File >> pilih Options







Klik Advanced pada jendela Word Options.
Jendela Word Options akan menampilkan beberapa pilihan pengaturan. 
Arahkan kursor pada Scrool Bar, seret ke bawah dan berhenti pada kolom Show document content, kemudian arahkan kursor pada kotak pilihan Show text boundaries, klik disitu untuk menampilkan text boundaries pada lembar kerja. 
Kemudian arahkan kembali kursor ke Scrool Bar dan seret ke bawah, berhenti pada kolom Display. Ini sekaligus untuk mengatur satuan pengukuran, merubah dari inches menjadi centimeters. Biasanya orang Indonesia lebih familiar dengan satuan centimeter daripada inchi. Lagi-lagi karena pengaturan standar menggunakan satuan inchi. Hal ini akan berpengaruh pada pengaturan ukuran margin, tabel dan objek grafis.
Arahkan kursor pada kotak pilihan Show measurements in units, rubah dari inches menjadi centimeters. Kemudian Klik OK untuk mengakhiri pangaturan. 















 






Kemudian, mengatur tata letak halaman
Arahkan kursor dan klik pada Tab Page Laout >> klik gambar panah kecil pada bagian sudut bawah.





Atur margin dan paper size sesuai dengan pengaturan yang paling sering digunakan
sebagai pengaturan default atau gunakan pengaturan bawaan saja. Dalam tutorial ini, untuk keseragaman dalam pengaturan Paper Size rubahlah dari letter menjadi A4, kemudian klik Set as Default. Kemudian Klik Yess untuk menjadikan pengutaran tadi adalah pengaturan default.

Menampilkan ruler pada lembar kerja untuk mengatur fungsi tab, margin dan paragraf secara manual.
Arahkan kursor pada Tab View kemudian klik pada check box ruler seperti ditunjukkan dalam gambar di bawah.

 
 Untuk sementara dapat kita lihat hasil pengaturan kita dalam gambar di bawah




Pengaturan di atas merupakan pengaturan yang paling umum digunakan oleh banyak pengguna Ms. Office Word dari berbagai versi. Untuk pengaturan lainnya dapat Anda lakukan menyesuaikan kebutuhan pembuatan dokumen Anda dengan membuka tab menu dan opsi setting yang tersedia.


Sampai disini, mudah-mudahan bermanfaat.


Salam..

3 komentar:

  1. Mau tanya gan, untuk office word 2010,jika penulisannya mulai dari bawah terus hasil ketikannya keatas, ubah setelannya dimana ya gan biar normal kembali.. Terima kasih,,

    BalasHapus

Follow Me

Subscribeto this blog
Follow me onTwitter
Connect onFacebook

Diberdayakan oleh Blogger.

Postingan Populer

Followers

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

LAZADA ONLINE

Banner iskaruji dot com