17 Nov 2011

File atau dokumen berekstensi PDF (Portable Document File) merupakan sebuah format file yang telah menjadi standar dunia sebagai dokumen elektronik (digital). File PDF bisa dibuat dengan menggunakan aplikasi editor seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, Microsoft Office, atau bisa juga dengan menggunakan Software PDF Creator. File PDF bisa dibuka apabila komputer atau leptop sudah terinstall Aplikasi PDF Reader atau bisa juga dengan menggunakan perangkat lain seperti Handphone yang fitur sudah mendukung. Beberapa aplikasi PDF Reader yang banyak digunakan antara lain Adobe Reader, Foxit Reader, Nitro PDF Reader, dsb yang bisa didapatkan secara gratis dari internet. Penggunaan File PDF biasanya bertujuan untuk menjaga keutuhan dokumen baik dari isi dokumen maupun format penulisan, dsb karena melalui aplikasi tertentu tersedia fitur untuk memproteksi dokumen tersebut.

Dalam tutorial ini akan kita bahas bagaimana cara membuat file atau dokumen PDF dengan menggunakan Microsoft Office Word 2010, sesuai dengan judul posting yaitu Cara Mudah Membuat File PDF Dengan Microsoft Office Word 2010.

Pertama, buka Ms. Office Word 2010 untuk membuat dokumen baru, atau membuka dokumen berekstensi doc atau docx yang sudah dibuat sebelumnya bisa dari lembar kerja Ms. Office 2010 dengan cara Klik Tab File >> Open Document atau dengan kombinasi shortcut key Ctrl+O kemudian pilih file .doc/.docx yang akan kita konversi menjadi file PDF. Jika dokumen baru sudah dianggap selesai atau tidak ada perubahan lagi pada dokumen, Anda bisa menyimpannya sebagai file project berekstensi doc atau docx. Klik tombol Save (Ctrl+S), beri nama file tersebut sesuka Anda.

Kedua, setelah dokumen dianggap sempurna, Anda bisa langsung mengkonversi dokumen tersebut menjadi File PDF dengan cara Klik Tab File >> Save As, kemudian muncul dialog box Save As, pada menu file name : ketikkan nama file, pada menu Save As Type : Klik Menu Dropdwon >> klik tombol navigasi ke bawah >> pilih PDF, terakhir klik tombol Save.


Seketika ketika Anda klik tombol Save, jika komputer sudah terinstall Aplikasi PDF Reader, maka File PDF tersebut akan terbuka dan Anda bisa langsung mereview hasil pekerjaan Anda.

Jika ada data yang perlu dirubah, Anda bisa melakukan revisi seperlunya pada dokumen Ms. Office Word 2010 yang masih terbuka, kemudian Save As dst seperti pada tahapan kedua.

Pada tahapan ini proses pembuatan file PDF sudah selesai.

Mudah bukan? Selamat Mencoba..

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me

Subscribeto this blog
Follow me onTwitter
Connect onFacebook

Diberdayakan oleh Blogger.

Postingan Populer

Followers

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

LAZADA ONLINE

Banner iskaruji dot com