25 Nov 2011

Artisteer, merupakan Program Web Design Template yang terintegrasi untuk beberapa CMS (Content Management System) Theme seperti Joomla, Wordpress, Drupal, termasuk juga Blogger. Artisteer sangat mudah dalam penerapannya karena pengguna dapat mengolah template untuk web atau blognya secara visual, singkatnya perangkat lunak ini sangat membantu para pengguna yang masih awam dalam pembuatan template web/blog terutama dalam pengeditan HTML.

Dalam penulisan ini saya ingin sedikit berbagi tentang bagaimana membuat tempale blog (Blogger) dengan menggunakan Artisteer 3 secara singkat. Buat teman-teman yang belum mempunyai Software Artisteer bisa mendownload softwarenya trial 30 hari secara gratis langsung dari situs resminya http://www.artisteer.com untuk mendapatkan software uptodate, sedikit informasi karena Artisteer merupakan software berbayar, untuk penggunaan Artisteer yang belum aktivasi, jika template sudah diupload tampilan blog menjadi sedikit aneh karena ada watermark yang bertuliskan Unregistered. Sedikit saran, jika mau mengupload tempate Artisteer, lakukan aktivasi program terlebih dahulu agar tidak ada lagi watermark Unregistered pada tampilan blog. 
Oke Next, Buka Program Artisteer 3.0, kemudahan dalam pembuatan template blog bisa kita lihat pada gambar di bawah.


Pada kotak dialog New Project langsung saja menuju kolom Content Management System Theme kemudian pilih Blogger.


Gambar di atas adalah setting tampilan dasar dari Artisteer 3.0.
Berbicara kemudahan, untuk mendesain template blog kita, kita dapat menggunakan menu Sugest Design untuk memilih contoh template secara acak untuk kemudian kita dapat mengolahnya sesuai dengan keinginan/kebutuhan kita, dari pengaturan tema, warna, jenis dan ukuran font, layout, margin, header, footer, menu, side bar, dst, yang kesemuanya tersedia pada Tab Menu secara visual.


Next, berikut ini gambaran penjelajahan fitur yang tersedia pada Artisteer 3.0 di masing-masing Tab Menu.


Next, brik obrak abrik obrak abrik, hehehe... jika dianggap sudah cukup dalam mendesain template blognya, misalnya dengan hasil seperti ini :


Sebelum melangkah ke publish to Blogger.com ada baiknya dilakukan pengaturan pada Export Options. Klik Menu DropDown pada Publish to Blogger.com >> Export Options >> Show Blogger NavBar (pilih Yes jika ingin menampilkan Navbar pada blog, pilih No jika ingin menyembunyikannya). Pada Horizonal Menu Source : pilih Pages jika ingin membuat link menu dari halaman blog secara otomatis, pilih Custom untuk membuat Menu dari link-link tertentu sekaligus dapat memasukkan sub menu item. Pada Vertical Menu : Pilih Page jika ingin menampilkan halaman blog pada Vertical Menu, pilih Archive jika ingin menampilkan Arsip blog menjadi Vertical Menu secara otomatis, pilih Custom jika ingin menempatkannya dari link-link tertentu. Pada Show Home Item : pilih Yes jika ingin menampilkan Menu, pilih No jika ingin menyembunyikannya. Pada Home Options Captions : Home boleh diganti misalnya jadi Beranda untuk menampilkan Beranda pada Menu Bar. Klik OK untuk mengakhiri pengaturan.


Langkah selanjutnya upload ke Blogger.com, klik Publish template to Blogger.com pada menu bar >> masukkan user account Blogger >> masukkan password, setelah blog terdeteksi pilih blog jika memiliki lebih dari satu blog. Terakhir klik Publish.


Tunggu hingga proses uploading selesai. Jika upload sudah selesai Klik OK.
Yess... template Blog sudah jadi dan dapat dilihat pada browser.

Sementara sampai disini dulu, jika ada dari teman-teman yang berkenan memberikan tambahan tips, silahkan posting pada kolom komentar. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me

Subscribeto this blog
Follow me onTwitter
Connect onFacebook

Diberdayakan oleh Blogger.

Postingan Populer

Followers

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

LAZADA ONLINE

Banner iskaruji dot com