1 Des 2011

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَ كَاتُهُ

Pada posting sebelumnya sudah dibahas mengenai bagaimana menulis huruf Arab pada Windows 7, pada dasarnya dalam penggunaannya sama saja, yang berbeda hanya pada proses instalasinya. Pada OS Windows 7 untuk install Arabic Language Pack cukup dengan melakukan Update Windows jika sebelumnya belum pernah melakukan update dan untuk install fontboard arabic keyboards kurang lebih sama untuk penerapan pada Windows Xp. Sedangkan untuk install Arabic Language Pack pada Windows Xp diperlukan CD Installer Windows Xp, tentu saja boleh menggunakan CD Original ataupun CD copy.

Berikut langkah-langkahnya :
Siapkan CD Installer Windows Xp (boleh dimasukkan sekalian ke dalam CD/DVD Room), kemudian Buka Control Panel >> Date, Time, Language and Regional Options >> Regional and Language Options,
Kemudian muncul Window Regional and Language Options, Klik Tab Language, beri check pada check box Install files for script ......., kemudian klik OK pada pop-up Install Supplemental Language Support, kembali ke Window Regional and Language Options Klik Apply.
Jika CD Installer Windows Xp belum dimasukkan akan muncul seperti ini :
Masukkan CD Installernya ke dalam CD/DVD Room, Klik OK, proses copying file berjalan. Jika proses copying files sudah selesai, silahkan restart dulu komputernya.

Selanjutnya install Fonboard Arabic Keyboards, langkah-langkahnya sama seperti pada proses install Fontboard di Windows 7, jika Anda belum punya Aplikasi fontboard Arabicnya silahkan download DISINI kemudian install. Jika proses install Fontboard sudah selesai silahkan restart kembali komputernya

Ok Next, Buka kembali Control Panel >> Date, Time, Language and Regional Options >> Regional and Language Options, pada window Regional and Language Options, Klik Tab Language, kemudian klik tombol Detail, pada window Text Services Input Language klik tombol Add.
Kemudian pada window Add Input Language arahkan kursor pada Menu Input Language kemudian pilih Arabic (Saudi Arabia) dan pada Keyboad Layout pilih Arabic ASDF Eastern atau bisa juga Arabic ASDF Western kemudian klik OK.
Kembali pada window Text Services Input Language klik Apply kemudian OK
Dan kembali pada window Regional and Language Options klik Apply kemudian OK.

Sampai tahap ini proses instalasi script Arabic Language Pack, Fontboard Arabic Keyboard dan setting Keyboard Layout sudah selesai, sekarang bisa langsung dicoba Menulis Huruf Arab Pada Windows Xp misalnya dengan mengunakan Microsoft Office Word atau program text editor lainnya dengan mengaktifkan pilihan keyboard layout ke Arabic (Saudi Arabia) di Menu Taskbar pada aplikasi yang sedang aktif. Misalnya kita akan mengetik huruf Arab di Microsoft Office Word, maka buka terlebih dahulu program Microsoft Office Word-nya, kemudian arahkan kursor pada menu keyboard layout di menu taskbar, pada display Language bar pilih Arabic (Saudi Arabia).
Mulailah mengetik dan lihatlah hasilnya. Untuk penggunaan pada Aplikasi Text Editor lainnya, misalnya dipakai untuk chatting di facebook atau YM atau untuk kepentingan-kepentingan lainnya, prosedurnya sama.. buka aplikasinya terlebih dahulu kemudian atur keyboard layout dst seperti contoh di atas. Untuk panduan posisi huruf ا، ب، ت،ث، ج، ح، خ  beserta tanda bacanya, bisa dipelajari melalui aplikasi Fontboard Arabic Keyboards, klik icon Fontboard Arabic Keyboards (icon tut keybord bertanda huruf "لا" [Lam Alif]) pada desktop komputer/leptop Anda.

Ok, sampai disini dulu dan selamat mencoba

وَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَ كَاتُهُ

 

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me

Subscribeto this blog
Follow me onTwitter
Connect onFacebook

Diberdayakan oleh Blogger.

Postingan Populer

Followers

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

LAZADA ONLINE

Banner iskaruji dot com