3 Mar 2012

Driver merupakan sebuah program atau lebih dikenal dengan sebutan software yang berfungsi untuk menjalankan piranti yang ada dalam komputer, laptop atau netbook seperti sound card, vga card, wifi, chipset, memory card, network, bluetooth, touchpad dan lain sebagainya yang masing-masing disesuaikan dengan jenis hardwarenya. Instalasi driver biasanya dilakukan saat instal ulang komputer, laptop, netbook atau saat instal total untuk pertama kalinya. 
Pada saat pembelian komputer, laptop atau netbook, biasanya disertakan CD Software/Driver, tetapi ada juga pada beberapa merk tidak menyertakan CD Software/Drivernya, sehingga ini menjadi pekerjaan tambahan yakni harus mencari driver yang sesuai / kompatibel dengan perangkat yang ada.

Pada OS tertentu ada beberapa driver yang tidak perlu diinstal karena peralatan telah plug and play atau langsung bisa dikenali oleh OS. Tetapi jika tidak, maka harus menginstal driver kemudian.

Berikut cara mudah menginstall driver pada komputer, laptop atau netbook.
  1. Periksa terlebih dahulu hardware yang belum terinstal driver dengan cara masuk start > klik kanan Computer > pilih Manage > muncul jendela system > pilih device manager.
  2. Perhatikan apakah ada hadware yang belum terinstal driver? Biasanya ditandai dengan tanda tanya berwarna kuning. Jika ada silakan masukkan CD driver Anda dalam DVDROm komputer atau laptop, misal VGA Card belum terinstal.
  3. Carilah folder VGA pada CD driver Anda melalui windows explorer.
  4. Carilah file dengan nama setup.exe atau file dengan ekstensi .exe (application).
  5. Klik dua kali file tersebut, ikuti langkah-langkah selanjutnya dengan klik next dan next sampai terjadi proses instalasi.
  6. Setelah selesai biasanya komputer atau laptop minta untuk direstart, restart saja. Lakukan instalasi driver selanjutnya
Untuk beberapa kasus yang mungkin terjadi, misalnya driver tidak kompatibel dengan hardware sehingga bisa terjadi gagal install atau tetap terinstall tetapi driver tidak berfungsi secara maksimal. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengupdate driver tersebut melalui pencarian di internet secara langsung jika sudah bisa terhubung ke internet atau ganti dengan driver sejenis lainnya, tetapi cara ini tidak menjamin 100% berhasil.

Jika belum berhasil juga, saya merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi MyPCDrivers untuk mencari driver yang kompatibel dengan hardware, dan kabar baiknya aplikasi ini bisa didapat secara gratis. Untuk mendapatkannya silahkan kunjungi http://www.mypcdrivers.com/, kemudian Anda bisa langsung mendownloadnya dan install ke pomputer atau laptop Anda. Setelah MyPCDriver terinstall silahkan jalankan lalu klik SCAN. Tunggu beberapa saat, MyPCDrivers akan mendeteksi hardware yang ada pada komputer atau laptop untuk kemudian jika sudah terhubung ke internet MyPCDrivers akan melakukan pencarian driver secara otomatis dan menunjukkan kepada Anda link download driver yang kompatibel dengan hardware komputer atau laptop Anda. Jika sudah diketemukan link download drivernya, silahkan saja untuk mendownloadnya dan install ke komputer atau laptop, lalu lihat hasilnya.

Sampai disini, mudah-mudahan bermanfaat dan selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me

Subscribeto this blog
Follow me onTwitter
Connect onFacebook

Diberdayakan oleh Blogger.

Postingan Populer

Followers

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

LAZADA ONLINE

Banner iskaruji dot com